Posted by : Unknown Rabu, 15 April 2015

Sistem pelumasan pada mesin diesel dasarnya sama dengan mesin bensin. Mesin diesel lebih banyak menghasilkan karbon dari pada mesin bensin selama pembakaran, jadi diperlukan oil filter yang dirancang khusus. Sistem pelumasan mesin diesel dilengkapi dengan pendingin oil ( Oil Cooler ) untuk mendinginkan minyak pelumas karena temperatur kerjanya tinggi dan bagian - bagian yang berputar juga kerjanya lebih berat dari pada mesin bensin.



Penting!!!

Mesin diesel membutuhkan minyak pelumas yang jenisnya berbeda dengan minyak pelumas pada mesin bensin, akan tetapi ada juga beberapa jenis minyak pelumasan yang anda gunakan jenisnya tepat. Apabila minyak pelumas mesin bensin digunakan pada mesin diesel, maka mesin akan cepat haus dan rusak. Jika anda masih bingung atau kurang paham dengan pembahasan saya, kalian bisa perhatikan video dibawah ini tentang " Cara Kerja Sistem Pelumasan "

  • Saringan Oli (Twin-element Oil Filter)

          Mesin bensin pada umumnya menggunakan saringan full-flow type single elemen. Sedangkan mesin diesel menggunakan filter dua elemen yang terdiri dari elemen aliran penuh dan elemen by pass. Elemen filter aliran penuh ditempatkan antara oil pump dan mesin dan seperti terlihat pada gambar dibawah, elemen filter by-pass ditempatkan antara oil pump dengan oil pan dari mesin.
          Elemen aliran penuh menyaring kotoran - kotoran yang mempengaruhi kerja bagian - bagian mesin yang berputar dan elemen by-pass menyaring lumpur dan kerak karbon yang tercampur jadi satu didalam minyak pelumas. Kedua elemen ini mengalirkan minyak pelumas yang sangat bersih untuk melumasi bagian - bagian mesin.



          Jika anda masih bingung atau kurang paham dengan pembahasan saya, kalian bisa perhatikan video dibawah ini " Cara kerja Oil Filter ".


  • Pendingin Oli 
          Kebanyakan pendingin oli (oil cooler) yang digunakan pada mesin diesel adalah sejenis dengan pendingin air. Tergantung pada tipe mesin, oil cooler dapat ditempatkan didepan mesin, disamping atau dibawah radiator. Pada gambar dibawah diperhatikan oil cooler yang dipasang disamping mesin. Minyak pelumas dipompa oleh oil pump dan bersikulasi melalui oil filter, oil pan dan  oil cooler. Minyak pelumas didinginkan oleh air pendingin mesin yang ada disekelilingnya selama mengalir didalam inti saluran minyak pelumas didalam oil cooler. Dan kemudian mengalir kesaluran minyak utama pada mesin.


          Pendingin oli (oil cooler) umumnya dilengkapi dengan relief valve untuk mencegah terjadinya kerusakan karena kenaikan vikositas minyak pada temperatur rendah.


           Jika anda masih bingung atau kurang paham dengan pembahasan saya diatas, kalian bisa perhatikan video dibawah ini cara kerja " Pendingin Oli (Oil Cooler).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Berbagi Ilmu - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -